Pentingnya CV Lamaran Kerja

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen lamaran kerja yang berisi tentang riwayat hidup seseorang, mulai dari data diri, pendidikan, pengalaman kerja, hingga softskill yang dimiliki seseorang.

CV lebaik baik diketik atau ditulis tangan


Dalam proses perekrutan, CV menjadi peran yang cukup penting bagi para pelamar, karena dalam seleksi awal HRD akan melihat CV yang masuk sebagai proses awal perekrutan.

Dengan demikian, kalian harus membuat CV terbaik agar menarik perhatian HRD.

Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik?

1. Tentukan Konsep


Sebelum membuat CV, tentukan dulu konsep CV yang akan dibuat, apakah friendly, colorfull, atau minimalis, atau yang lainnya.

Saran : Gunakan desain CV yang tidak terlalu ramai, namun elegant dan menarik perhatian.

Ada yang menanyakan, sebaiknya CV ditulis tangan atau diketik?

Untuk kamu yang bingung mengenai hal tersebut, kamu bisa membaca artikelnya disini CV sebaiknya dituis tangan atau diketik?

2. Mulai Membuat CV


Zaman sekarang membuat CV itu mudah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti microsoft word untuk membuat CV impian kamu. atau juga bisa membuatnya di internet melalui pembuat CV online.

3. Gunakan Tata Bahasa yang Benar


Hati-hati, kawan. Jangan sampai diremehkan. HRD tidak menyukai pelamar yang tidak teliti. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang benar sesuai EYD dan perhatikan pula tanda baca. Pakailah font yang mudah dibaca. Untuk kamu yang membuat CV dengan tulis tangan, pastikan tulisanmu tertata rapih dan dapat dibaca HRD.

4. Periksa CV


Setelah selesai dibuat, periksa lagi CV-mu. Jangan sampai ada kesalahan sekecil apa pun. Karena itu akan mengurangi penilaian HRD terhadapmu.

Pastikan pula lembar CV yang kamu buat bebas dari kata kotor. Menjaga kebersihan CV adalah tugasmu. Jadi, jangan sampai kotor yaa
....

Untuk kamu yang sedang mencari informasi relevan mengenai dunia kerja, kamu bisa mengunjungi lama Netpelajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal yang Harus Dicantumkan dalam Curriculum Vitae